Monday, March 14, 2011

OZON

Ozon berupa gas biru tua, mempunyai titik didih -112 oC dan bersifat diamagnetik. Mempunyai struktur bengkok V dengan sudut ikatan 117o. bersifat racun sangat kuat dengan konsentrasi maksimum diizinkan 0,1 ppm. Gas Ozon dihasilkan pada daerah tegangan listrik tinggi, termasuk mesin fotokopi dan printer laser.
Pada lapisan Troposfer (lapisan atmosfer yang paling dekat dengan permukaan bumi), Ozon terbentuk secara tak langsung dari pembakaran bahan bakar fosil serta berpotensi menjadi smog (smoke and fog) fotokimia. Penipisan lapisan Ozon terjadi pada lapisan Stratosfer yaitu lapisan atmosfer dengan ketinggian 15-50 km diatas permukaan bumi, akibat reaksi berantai antara satu atom Oksigen dari molekul Ozon berikatan dengan atom khlor (yang berasal dari sumber dominan CFC) membentuk radikal bebas ClO yang bereaksi lebih lanjut menghasilkan atom Khlor kembali. Reaksi ini dapat merusak sampai 100.000 molekul ozon per atom khlor. Jika laju pelepasan khlor terus bertambah maka dapat dipastikan lapisan Ozon (setebal +- 10 km) akan semakin berkurang bahkan berlubang.
Dampak yang ditimbulkan dari penipisan Ozon adalah meningkatnya intensitas radiasi ultraviolet (UV-B) yang mencapai permukaan bumi. Berkurangnya 1% Ozon dapat meningkatkan 2% UV-B. Ultraviolet ini merusak materi genetik DNA, yang menjadi penyebab utama penyakit kanker kulit, menekan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penyakit infeksi seperti herpes, leishmaniasis dll,mengurangi efektivitas imunisasi serta menyebabkan bertambahnya penderita kerusakan mata terutama katarak, menurunkan jumlah produksi dan kualitas hampir 200 jenis tanaman pertanian dan tumbuhan, berpengaruh negatif bagi organisme perairan, terutama fitoplankton, zooplankton, udang-udangan dan anak ikan. Akibatnya terjadi perubahan sistem rantai makanan yang berpengaruh terhadap penurunan produksi perikanan.

0 comments:

:nangis :rate :lebay :hoax :nyimak :hotnews :gotkp :wow :pertamax :lapar :santai :malu :ngintip :newyear

Post a Comment